Inilah Penebab Mesin Mobil Anda Susah Dimatikan!



Penyebab Mesin Mobil Susah Mati

Haii Sobat Pernah Kah Kalian Mengalami Mesin Mobil Yang Kontaknya Sudah Di Off Tetapi Mesin Mobil Masih Menyala ? Mungkin Beberapa Dari Kalian Masih Bingung. Karena ketika kunci kontak diputar posisi off, otomatis  suplai kelistrikan ke mesin juga akan terputus, sehingga sistem pengapian dan bahan bakar yang menggunakan tenaga listrik seharusnya juga tidak berfungsi. Nah Kali Ini kami Bakal Kasih Tau Kalian Apa Penyebabnya Oke Langsung Saja.

1. Apa Sih Penyebab Mesin Mobil Tidak Mati Padahal Kontaknya Sudah OFF

Gejala mesin tetap hidup saat kunci kontak di off atau sering disebut "Dieseling", karena memang umum terjadi pada mesin diesel dimana proses pembakarannya tidak menggunakan percikan bunga api busi, melainkan mengandalkan tekanan kompresi yang tinggi. Namun gejala kerusakan tersebut juga dapat terjadi pada mesin bensin yang sudah menggunakan teknologi injeksi. Untuk dapat mengetahui kenapa mesin bensin  masih tetap bisa hidup walaupun kunci kontak off, maka kita harus kembali membahas teori dasar cara kerja mesin 4 tak.

Agar Mesin Hidup Membutuhkan 3 Syarat Apa Saja ?

- Adanya Suplai Campuran Bahan Bakar Dan Udara

- Adanya Api Yang Digunakan Untuk Membakar Campuran Bahan Bakar 

- Adanya Tekanan Kompresi Yang Baik

Nah, artinya saat kunci kontak diputar keposisi off, tapi mesin tetap masih bisa hidup hal itu menandakan ketiga  syarat tersebut diatas tetap ada sehingga mesin tetap hidup.

Jika salah satu syarat tersebut tidak ada pasti mesin tidak akan bisa hidup. Mari kita bahas satu persatu apa kira- kira yang menjadi penyebab hal tersebut bisa terjadi.

Mungkin kita bisa abaikan syarat yang ke 3 yaitu mengenai kompresi, karena hal tersebut sudah pasti bukan penyebab dari masalah tersebut, yang kita akan bahas adalah mengenai suplai bahan bakar dan api untuk membakar bahan bakar yang tetap ada walaupun kunci kontak off.

2. Sumber Api Sebagai Bahan Bakar 

Sistem pengapian, baik yang masih konvensional menggunakan platina maupun yang sudah modern dikontrol oleh ECU hanya akan dapat bekerja jika kunci kontak pada posisi ON, lalu dari mana api yang bisa membakar campuran bahan bakar di dalam silinder berasal  ?.

- Deposit Karbon Di Ruang Terbakar

Jika di ruang bakar atau di atas piston terdapat kerak atau kotoran, maka kerak tersebut akan berubah menjadi bara api di dalam ruang bakar karena temperatur ruang bakar yang sangat tinggi, bara api inilah yang menjadi sumber panas yang mampu membakar bahan bakar di dalam silinder.

Kerak atau kotoran ini terakumulasi didalam ruang bakar karena jarak tempuh mesin yang sudah cukup jauh, apalagi jika bahan bakar yang digunakan berkualitas rendah, maka ruang bakar akan lebih cepat kotor dan tertutup lapisan karbon. Agar sumber api didalam ruang bakar tidak ada saat kunci kontak off, maka yang harus dilakukan adalah dengan menghilangkan kotoran atau kerak yang terdapat di ruang bakar.

jika kerak karbon yang menempel diadalam mesin sudah terlalu lama dan sangat mengeras maka cara yang paling efektif adalah dengan melakukan pembongkaran mesin yang tentu saja akan memakan biaya yang cukup mahal dan waktu yang cukup lama.

Endapan karbon di dalam mesin tersebut dibersihkan secara manual menggunakan scrapper atau sikat kawat.

- Menggunakan Busi Dengan Tingkat Panas Yang Tinggi

Jika kita menggunakan busi dengan tingkat panas yang lebih tinggi dari rekomendasi pabrikan maka dapat mengakibatkan temperatur elektroda busi menjadi sangat tinggi dan membuat elektroda busi membara, akibatnya bara api ini dapat membakar campuran bahan bakar sebelum waktunya  dan mengakibatkan gejala mesin ngelitik. 

Saat kunci kontak dimatikan busi masih membara dan menjadi sumber panas yang dapat membakar campuran bahan bakar di dalam silinder walaupun kunci kontak dimatikan.

Gejala mesin masih tetap hidup walaupun kunci kontak diputar pada posis off merupakan kerusakan yang dapat terjadi pada mobil yang sudah mencapai jarak tempuh yang cukup tinggi, biasanya kerusakan ini disertai dengan gejala yang lain seperti mesin ngelitik, konsumsi bahan bakar yang boros dll.

Nah Itu Sobat  Beberapa Tentang Mesin Mobil Yang Tidak Mati Padahal Kontaknya Pada Posisi OFF.

Comments