Penyebab Mesin Mobil Susah Mati
Haii Sobat Pernah Kah Kalian Mengalami Mesin Mobil Yang
Kontaknya Sudah Di Off Tetapi Mesin Mobil Masih Menyala ? Mungkin Beberapa Dari
Kalian Masih Bingung. Karena ketika kunci kontak diputar posisi off, otomatis suplai kelistrikan ke mesin juga akan
terputus, sehingga sistem pengapian dan bahan bakar yang menggunakan tenaga
listrik seharusnya juga tidak berfungsi. Nah Kali Ini kami Bakal Kasih Tau
Kalian Apa Penyebabnya Oke Langsung Saja.
1. Apa Sih Penyebab Mesin Mobil Tidak Mati Padahal Kontaknya
Sudah OFF
Gejala mesin tetap hidup saat kunci kontak di off atau
sering disebut "Dieseling", karena memang umum terjadi pada mesin
diesel dimana proses pembakarannya tidak menggunakan percikan bunga api busi, melainkan
mengandalkan tekanan kompresi yang tinggi. Namun gejala kerusakan tersebut juga
dapat terjadi pada mesin bensin yang sudah menggunakan teknologi injeksi. Untuk
dapat mengetahui kenapa mesin bensin
masih tetap bisa hidup walaupun kunci kontak off, maka kita harus
kembali membahas teori dasar cara kerja mesin 4 tak.
Agar Mesin Hidup Membutuhkan 3 Syarat Apa Saja ?
- Adanya Suplai Campuran Bahan Bakar Dan Udara
- Adanya Api Yang Digunakan Untuk Membakar Campuran Bahan
Bakar
- Adanya Tekanan Kompresi Yang Baik
Nah, artinya saat kunci kontak diputar keposisi off, tapi
mesin tetap masih bisa hidup hal itu menandakan ketiga syarat tersebut diatas tetap ada sehingga
mesin tetap hidup.
Jika salah satu syarat tersebut tidak ada pasti mesin tidak
akan bisa hidup. Mari kita bahas satu persatu apa kira- kira yang menjadi
penyebab hal tersebut bisa terjadi.
Mungkin kita bisa abaikan syarat yang ke 3 yaitu mengenai
kompresi, karena hal tersebut sudah pasti bukan penyebab dari masalah tersebut,
yang kita akan bahas adalah mengenai suplai bahan bakar dan api untuk membakar
bahan bakar yang tetap ada walaupun kunci kontak off.
2. Sumber Api Sebagai Bahan Bakar
Sistem pengapian, baik yang masih konvensional menggunakan
platina maupun yang sudah modern dikontrol oleh ECU hanya akan dapat bekerja
jika kunci kontak pada posisi ON, lalu dari mana api yang bisa membakar
campuran bahan bakar di dalam silinder berasal
?.
- Deposit Karbon Di Ruang Terbakar
Jika di ruang bakar atau di atas piston terdapat kerak atau
kotoran, maka kerak tersebut akan berubah menjadi bara api di dalam ruang bakar
karena temperatur ruang bakar yang sangat tinggi, bara api inilah yang menjadi
sumber panas yang mampu membakar bahan bakar di dalam silinder.
Kerak atau kotoran ini terakumulasi didalam ruang bakar
karena jarak tempuh mesin yang sudah cukup jauh, apalagi jika bahan bakar yang
digunakan berkualitas rendah, maka ruang bakar akan lebih cepat kotor dan
tertutup lapisan karbon. Agar sumber api didalam ruang bakar tidak ada saat
kunci kontak off, maka yang harus dilakukan adalah dengan menghilangkan kotoran
atau kerak yang terdapat di ruang bakar.
jika kerak karbon yang menempel diadalam mesin sudah terlalu
lama dan sangat mengeras maka cara yang paling efektif adalah dengan melakukan
pembongkaran mesin yang tentu saja akan memakan biaya yang cukup mahal dan
waktu yang cukup lama.
Endapan karbon di dalam mesin tersebut dibersihkan secara
manual menggunakan scrapper atau sikat kawat.
- Menggunakan Busi Dengan Tingkat Panas Yang Tinggi
Jika kita menggunakan busi dengan tingkat panas yang lebih
tinggi dari rekomendasi pabrikan maka dapat mengakibatkan temperatur elektroda
busi menjadi sangat tinggi dan membuat elektroda busi membara, akibatnya bara
api ini dapat membakar campuran bahan bakar sebelum waktunya dan mengakibatkan gejala mesin ngelitik.
Saat kunci kontak dimatikan busi masih membara dan menjadi
sumber panas yang dapat membakar campuran bahan bakar di dalam silinder
walaupun kunci kontak dimatikan.
Gejala mesin masih tetap hidup walaupun kunci kontak diputar
pada posis off merupakan kerusakan yang dapat terjadi pada mobil yang sudah
mencapai jarak tempuh yang cukup tinggi, biasanya kerusakan ini disertai dengan
gejala yang lain seperti mesin ngelitik, konsumsi bahan bakar yang boros dll.
Nah Itu Sobat Beberapa Tentang Mesin Mobil Yang Tidak
Mati Padahal Kontaknya Pada Posisi OFF.
Comments
Post a Comment